Ship appraiser

Ship appraiser
Ship

Selasa, 18 Mei 2010

IACS

Page 1 Page 1
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
What are Apa
classification klasifikasi
societies? masyarakat?
Contents Isi
Introduction Pengenalan
Classification societies today Klasifikasi masyarakat hari ini
Why is it called classification? Mengapa disebut klasifikasi?
The International Association of Classification Societies - IACS International Association of Societies Klasifikasi - IACS
IACS Code of Ethics IACS Kode Etik
Classification Klasifikasi
Scope of classification Lingkup klasifikasi
Assignment, maintenance, suspension and withdrawal of class Tugas, pemeliharaan, suspensi dan penarikan kelas
Classification surveys Klasifikasi survei
Statutory certification of ships Wajib sertifikasi kapal
Framework Kerangka
Recognised Organisations Diakui Organisasi
Appendix Lampiran
The members of IACS Anggota IACS
________________________________________
Page 2 Page 2
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
2 2
Introduction Pengenalan
Classification societies today Klasifikasi masyarakat hari ini
Classification societies are organizations that establish and apply technical standards in Klasifikasi adalah organisasi masyarakat yang membangun dan menerapkan standar teknis dalam
relation to the design, construction and survey of marine related facilities including ships and sehubungan dengan desain, konstruksi dan fasilitas terkait survei laut termasuk kapal dan
offshore structures. struktur lepas pantai. These standards are issued by the classification society as published Standar-standar ini dikeluarkan oleh masyarakat klasifikasi yang dipublikasikan
rules. aturan. A vessel that has been designed and built to the appropriate rules of a society may Sebuah kapal yang telah dirancang dan dibangun dengan aturan yang sesuai masyarakat mungkin
apply for a Certificate of Classification from that society. mengajukan permohonan Sertifikat Klasifikasi dari masyarakat itu. The society issues this certificate Masalah-masalah masyarakat sertifikat ini
upon completion of relevant classification surveys. setelah selesai survei klasifikasi yang relevan.
Such a certificate does not imply, and should not be construed as an express warranty of Sertifikat tersebut tidak berarti, dan tidak dapat dianggap sebagai jaminan yang jelas dari
safety, fitness for purpose or seaworthiness of the ship. keselamatan, kesesuaian untuk tujuan atau kelayakan laut dari kapal. It is an attestation only that the vessel Ini adalah suatu pengesahan hanya bahwa kapal
is in compliance with the standards that have been developed and published by the society adalah sesuai dengan standar yang telah dikembangkan dan diterbitkan oleh masyarakat
issuing the classification certificate. menerbitkan sertifikat klasifikasi.
More than 50 organizations worldwide define their activities as providing marine classification. Lebih dari 50 organisasi di seluruh dunia mendefinisikan aktivitas mereka sebagai memberikan klasifikasi laut.
Ten of those organizations form the International Association of Classification Societies Sepuluh organisasi-organisasi membentuk Asosiasi Internasional Klasifikasi Masyarakat
(IACS). (IACS). It is estimated that these ten societies, together with the two additional societies that Diperkirakan bahwa sepuluh ini masyarakat, bersama-sama dengan dua masyarakat tambahan yang
have been accorded associate status by IACS, collectively class about 94 percent of all telah status asosiasi oleh IACS, kolektif kelas sekitar 94 persen dari semua
commercial tonnage involved in international trade worldwide. komersial tonase terlibat dalam dunia perdagangan internasional. A listing of the IACS member Sebuah daftar anggota IACS
societies, and the associates, is provided in appendix. masyarakat, dan asosiasi, tersedia dalam apendiks.
Classification is one element within a network of maritime safety partners. Klasifikasi merupakan salah satu unsur dalam jaringan mitra keselamatan maritim. Other elements are Unsur lainnya
parties such as the shipowner, the shipbuilder, the flag State, port States, underwriters, pihak seperti pemilik kapal, galangan itu, bendera Negara, Negara Pelabuhan, penjamin,
shipping financiers and charterers among others. pengiriman dana dan penyewa antara lain.
The role of classification and classification societies has been recognized in the International Peran klasifikasi klasifikasi dan masyarakat telah diakui di Internasional
Convention for the Safety of Life at Sea, (SOLAS) and in the 1988 Protocol to the Konvensi untuk Keselamatan Jiwa di Laut, (SOLAS) dan Protokol 1988 ke
International Convention on Load Lines. Konvensi Internasional tentang Garis Muat. This statutory role is addressed later in this note. Peran undang-undang ini ditujukan kemudian dalam catatan ini.
As an independent, self-regulating body, a classification society has no commercial interests Sebagai diri, mengatur badan independen, klasifikasi masyarakat tidak memiliki kepentingan komersial
related to ship design, ship building, ship ownership, ship operation, ship management, ship terkait dengan desain kapal, pembangunan kapal, kepemilikan kapal, operasional kapal, manajemen kapal, kapal
maintenance or repairs, insurance or chartering. perawatan atau perbaikan, asuransi atau penyewaan. In establishing its rules, each classification Dalam pembentukan peraturan, klasifikasi yang masing-masing
society may draw upon the advice and review of members of the industry who are considered masyarakat dapat memanfaatkan saran dan review anggota industri yang dianggap
expert in their field. ahli di bidang mereka.
Classification rules are developed to contribute to the structural strength and integrity of Klasifikasi aturan dikembangkan untuk memberikan kontribusi terhadap kekuatan struktural dan integritas
essential parts of the ship's hull and its appendages, and the reliability and the function of the penting bagian lambung kapal dan pelengkap, dan kehandalan dan fungsi
propulsion and steering systems, power generation and those other features and auxiliary tenaga penggerak dan sistem kemudi, pembangkit listrik dan fitur-fitur lain dan bantu
systems which have been built into the ship in order to maintain essential services on board. sistem yang telah dibangun ke dalam kapal untuk mempertahankan layanan penting di papan tulis.
Classification rules are not intended as a design code and in fact cannot be used as such. Klasifikasi aturan tidak dimaksudkan sebagai sebuah kode desain dan sebenarnya tidak dapat digunakan sebagai demikian.
A ship built in accordance with an IACS Member's rules will be assigned a class designation Sebuah kapal yang dibangun sesuai dengan IACS's Member aturan yang akan diberi sebutan kelas
by the society on satisfactory completion of the relevant surveys. oleh masyarakat pada penyelesaian yang memuaskan dari survei yang relevan. For ships in service, the Untuk kapal dalam pelayanan,
society carries out surveys to ascertain that the ship remains in compliance with those rules. masyarakat melakukan survei untuk memastikan bahwa kapal tetap sesuai dengan aturan-aturan.
Should any defects that may affect class become apparent, or damages be sustained Jika ada cacat yang dapat mempengaruhi kelas menjadi jelas, atau kerusakan dipertahankan
between the relevant surveys, the ship owner and operator are required to inform the society antara survei yang relevan, pemilik kapal dan operator diwajibkan untuk menginformasikan masyarakat
concerned without delay. bersangkutan tanpa penundaan.
A ship is maintained in class provided that the relevant rules have, in the opinion of the kapal dipelihara di kelas dengan ketentuan bahwa aturan yang bersangkutan, dalam pendapat
society concerned, been complied with and surveys carried out in accordance with its rules. masyarakat yang bersangkutan, telah dipenuhi dan survei dilakukan sesuai dengan aturan.
Classification societies also maintain significant research departments that contribute towards Klasifikasi masyarakat juga menjaga departemen penelitian yang signifikan yang berkontribusi terhadap
the on-going development of appropriate, advanced technical standards. the-akan pengembangan yang tepat, standar teknis lanjutan.
________________________________________
Page 3 Page 3
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
3 3
Why is it called classification? Mengapa disebut klasifikasi?
In the second half of the 18 Dalam paruh kedua dari 18
th th
century, marine insurers, based at Lloyd's coffee house in abad, asuransi laut, yang berbasis di rumah kopi's Lloyd di
London, developed a system for the independent inspection of the hull and equipment of London, mengembangkan sistem untuk pemeriksaan independen dari lambung dan peralatan
ships presented to them for insurance cover. kapal disajikan kepada mereka untuk menutup asuransi. In 1760 a Committee was formed for this Pada 1760 Komite ini dibentuk untuk
express purpose, the earliest existing result of their initiative being Lloyd's Register Book for menyatakan tujuan, hasil awal yang ada inisiatif mereka menjadi Lloyd's Register untuk Buku
the years 1764-65-66. tahun-tahun 1764-65-66.
At that time, an attempt was made to 'classify' the condition of each ship on an annual basis. Pada saat itu, upaya dilakukan untuk 'mengelompokkan' kondisi setiap kapal setiap tahun.
The condition of the hull was classified A, E, I, O or U, according to the excellence of its Kondisi lambung itu diklasifikasikan A, E, I, O atau U, sesuai dengan keunggulan yang
construction and its adjudged continuing soundness (or otherwise). konstruksi dan dalam kondisi sehat terus divonis (atau sebaliknya). Equipment was G, M, or Tetap G, M, atau
B: simply, good, middling or bad. B: cukup, baik, lumayan atau buruk. In time, G, M and B were replaced by 1, 2 and 3, which is Dalam waktu, G, M dan B digantikan dengan 1, 2, 3, dan yang
the origin of the well-known expression 'A1', meaning 'first or highest class'. asal usul-ekspresi juga dikenal 'A1', yang berarti 'pertama atau kelas tertinggi.
The concept of classification caught on around the world. Konsep klasifikasi tertangkap di seluruh dunia. Bureau Veritas (BV) was founded in Biro Veritas (BV) didirikan pada
Antwerp in 1828, moving to Paris in 1832. Antwerp pada tahun 1828, pindah ke Paris pada 1832. 'Lloyd's Register of British and Foreign Shipping' 'Lloyd's Register Inggris dan Asing Pengiriman'
was reconstituted as a self-standing 'classification society' in 1834; rules for construction and telah dibentuk kembali sebagai-klasifikasi 'masyarakat berdiri diri' pada tahun 1834; aturan untuk konstruksi dan
survey were published the same year. survei yang diterbitkan tahun yang sama.
Registro Italiano Navale (RINA) dates from 1861; American Bureau of Shipping (ABS) traces Registro Italiano Navale (Rina) tanggal dari 1861; Biro Amerika Pengiriman (ABS) jejak
its origins back to 1862. perusahaan asal kembali ke 1862. Adoption of common rules for ship construction by Norwegian Penerapan peraturan-peraturan umum untuk konstruksi kapal oleh Norwegia
insurance societies in the late 1850s led to the establishment of Det Norske Veritas (DNV) in asuransi masyarakat di akhir tahun 1850-an menyebabkan pembentukan Det Norske Veritas (DNV) di
1864. 1864. Germanischer Lloyd (GL) was formed in 1867 and Nippon Kaiji Kyokai (ClassNK) in Germanischer Lloyd (GL) dibentuk pada tahun 1867 dan Nippon Kaiji Kyokai (ClassNK) di
1899. 1899. The Russian Maritime Register of Shipping (RS) was an early offshoot of the River Rusia Maritim Daftar Pengiriman (RS) adalah cabang awal Sungai
Register of 1913. Daftar 1913. More recent foundations have beenYugoslav Register of Shipping (now the yayasan terkini telah beenYugoslav Daftar Pengiriman (sekarang
Croatian Register of Shipping (CRS)) in 1949, China Classification Society (CCS), 1956; Kroasia Daftar Pengiriman (CRS)) pada tahun 1949, Cina Klasifikasi Masyarakat (CCS), 1956;
Korean Register (KR), 1960; and Indian Register of Shipping (IRS), 1975. Daftar Korea (KR), 1960; dan Daftar India Pengiriman (IRS), 1975.
As the classification profession evolved, the practice of assigning different classifications has Sebagai profesi klasifikasi berkembang, praktek menetapkan klasifikasi yang berbeda memiliki
been superseded, with some exceptions. telah digantikan, dengan beberapa pengecualian. Today a ship either meets the relevant class Hari ini kapal baik memenuhi kelas yang relevan
society's rules or it does not. masyarakat aturan atau tidak. As a consequence it is either 'in' or 'out' of 'class'. Sebagai konsekuensi itu adalah baik 'dalam' atau 'keluar' dari 'kelas'. However, each Namun, masing-masing
of the classification societies has developed a series of notations that may be granted to a dari klasifikasi masyarakat telah mengembangkan serangkaian notasi yang dapat diberikan ke
vessel to indicate that it is in compliance with some additional criteria that may be either kapal untuk menunjukkan bahwa sesuai dengan beberapa kriteria tambahan yang mungkin baik
specific to that vessel type or that are in excess of the standard classification requirements. khusus untuk jenis kapal atau yang melebihi persyaratan standar klasifikasi.
The International Association of Classification Societies - IACS International Association of Societies Klasifikasi - IACS
IACS can trace its origins back to the International Load Line Convention of 1930 and its IACS bisa melacak asal-usulnya kembali ke Internasional Load Line Convention tahun 1930 dan perusahaan
recommendations. rekomendasi. The Convention recommended collaboration between classification Konvensi kolaborasi antara klasifikasi yang direkomendasikan
societies to secure " as much uniformity as possible in the application of the standards of masyarakat untuk mengamankan "sebagai keseragaman sebanyak mungkin dalam penerapan standar
strength upon which freeboard is based… ". kekuatan atas yang didasarkan freeboard ... ".
Following the Convention, RINA hosted the first conference of major societies in 1939 - also Setelah Konvensi, Rina menjadi tuan rumah konferensi pertama masyarakat utama pada tahun 1939 - juga
attended by ABS, BV, DNV, GL, LR and NK - which agreed on further cooperation between dihadiri oleh ABS, BV, DNV, GL, LR dan NK - yang disepakati kerjasama yang lebih jauh antara
the societies. masyarakat.
A second major class society conference, held in 1955, led to the creation of Working Parties Sebuah konferensi besar masyarakat kelas kedua, diadakan pada tahun 1955, menyebabkan penciptaan Pihak Bekerja
on specific topics and, in 1968, to the formation of IACS by seven leading societies. pada topik tertentu dan, pada tahun 1968, untuk pembentukan IACS oleh tujuh masyarakat terkemuka. The value Nilai
of their combined and unique level of technical knowledge and experience was quickly gabungan dan unik tentang tingkat pengetahuan mereka teknis dan pengalaman dengan cepat
recognised. diakui. In 1969, IACS was given consultative status with IMO. Pada tahun 1969, IACS diberikan status konsultatif dengan IMO. It remains the only non- Masih satu-satunya non-
governmental organisation with Observer status which is able to develop and apply rules. organisasi pemerintah dengan status Observer yang mampu mengembangkan dan menerapkan peraturan.
Compliance with the IACS Quality System Certification Scheme (QSCS) and observance of Kepatuhan dengan IACS Skema Sertifikasi Sistem Mutu (QSCS) dan ketaatan
the IACS Code of Ethics is mandatory for both IACS Member and Associate status. IACS Kode Etik adalah wajib bagi kedua IACS Anggota dan status Associate.
________________________________________
Page 4 Page 4
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
4 4
IACS Code of Ethics IACS Kode Etik
The Code of Ethics is the bedrock of the IACS members' work and can be found on the IACS Kode Etik adalah landasan IACS 'anggota bekerja dan dapat ditemukan di IACS
website www.iacs.org.uk . website www.iacs.org.uk.
It states, inter alia: Ini menyatakan, antara lain:
“ Classification Societies live on their reputation. "Klasifikasi Masyarakat hidup di reputasi mereka. Acceptance of their technical work can only Penerimaan pekerjaan teknis mereka hanya bisa
be maintained by continuously proving integrity and competence. ” and dipertahankan dengan terus membuktikan integritas dan kompetensi dan. "
“ Competition between Societies shall be on the basis of services (technical and field) "Persaingan antara Masyarakat harus berdasarkan jasa (teknis dan lapangan)
rendered to the marine industry but must not lead to compromises on safety of life and diberikan kepada industri laut tetapi tidak harus mengarah pada kompromi pada keselamatan hidup dan
property at sea or to the lowering of technical standards .” properti di laut atau rendahnya standar teknis. "
Classification Klasifikasi
Scope of classification Lingkup klasifikasi
Implementing the published rules, the classification process consists of: Menerapkan peraturan diterbitkan, proses klasifikasi terdiri dari:
• A technical review of the design plans and related documents for a new vessel to • Sebuah tinjauan teknis dari rencana desain dan dokumen terkait untuk kapal baru untuk
verify compliance with the applicable rules; memverifikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku;
• Attendance at the construction of the vessel in the shipyard by a classification • Kehadiran pembangunan kapal di galangan kapal dengan klasifikasi
society surveyor(s), and at the relevant production facilities that provide key masyarakat surveyor (s), dan pada fasilitas produksi yang relevan yang memberikan kunci
components such as the steel, engine, generators and castings, to verify that the komponen seperti baja, mesin, generator dan casting, untuk memverifikasi bahwa
vessel is constructed in accordance with the classification rules; kapal ini dibangun sesuai dengan peraturan klasifikasi;
• Upon satisfactory completion of the above, the shipowner's request for the • Setelah selesai memuaskan tersebut di atas, pemilik kapal itu permintaan untuk
issuance of a class certificate will be considered by the relevant classification penerbitan sertifikat kelas akan dianggap oleh klasifikasi yang relevan
committee, or another body, of the class society and, if deemed satisfactory, the komite, atau badan lain, masyarakat kelas dan, jika dianggap memuaskan,
assignment of class will be approved and a certificate of classification issued; tugas kelas akan disetujui dan sertifikat klasifikasi yang dikeluarkan;
• Once in service, the owner must submit the vessel to a clearly specified program of • Setelah dalam pelayanan, pemilik kapal harus menyerahkan ke program tertentu jelas-jelas
periodical class surveys, carried out onboard the vessel, to verify that the ship kelas survei berkala, dilakukan onboard kapal, untuk memverifikasi bahwa kapal
continues to meet the relevant rule conditions for continuation of class. terus memenuhi persyaratan peraturan yang relevan untuk kelanjutan dari kelas.
Class rules do not cover every piece of structure or item of equipment on board a vessel, nor Kelas aturan tidak mencakup setiap bagian dari struktur atau item peralatan di kapal, atau
do they cover operational elements. mereka menutupi unsur-unsur operasional. Activities which generally fall outside the scope of Aktivitas yang umumnya berada di luar lingkup
classification include such items as: design and manufacturing processes; choice of type and klasifikasi meliputi item seperti: desain dan proses manufaktur; pilihan jenis dan
power of machinery and certain equipment (eg mooring bitts, capstans and winches); kekuatan mesin dan peralatan tertentu (misalnya bitts tambat, dan derek kapstan);
number and qualification of crew or operating personnel; form and cargo carrying capacity of jumlah dan kualifikasi awak atau petugas operasional; bentuk dan kargo daya dukung
the ship and manoeuvring performance; hull vibrations; spare parts; life-saving appliances manuver kapal dan kinerja; getaran lambung, suku cadang, peralatan hidup hemat
and maintenance equipment. dan pemeliharaan peralatan. These matters may however be given consideration for Namun hal ini dapat diberikan pertimbangan untuk
classification according to the type of ship or class notation(s) assigned. klasifikasi menurut jenis kapal atau notasi kelas (s) ditugaskan.
It should be emphasized that it is the shipowner who has total control over a vessel, including Harus ditekankan bahwa itu adalah pemilik kapal yang total kontrol atas sebuah kapal, termasuk
the manner in which it is operated and maintained. cara yang dioperasikan dan dipelihara. Classification is voluntary and its Klasifikasi bersifat sukarela dan perusahaan
effectiveness depends upon the shipowner, and other interests, operating in good faith by efektivitas tergantung pada pemilik kapal, dan kepentingan lainnya, beroperasi dengan itikad baik oleh
disclosing to the class society any damage or deterioration that may affect the vessel's mengungkapkan kepada masyarakat kelas apapun kerusakan atau kerusakan yang dapat mempengaruhi kapal
classification status. klasifikasi status. If there is the least question, the owner should notify class and schedule Jika ada pertanyaan paling tidak, pemilik harus memberitahukan kelas dan jadwal
a survey to determine if the vessel is in compliance with the relevant class standard. survei untuk menentukan apakah kapal tersebut sesuai dengan standar kelas yang relevan.
It must also be emphasized that a class surveyor may only go on board a vessel once in a Hal ini juga harus menekankan bahwa surveyor kelas hanya dapat pergi di papan kapal sekali dalam
twelve-month period, for the annual survey. Periode dua belas bulan, untuk survei tahunan. At that time it is neither possible, nor expected Pada waktu itu adalah tidak mungkin, atau diharapkan
that the surveyor scrutinize the entire structure of the vessel or its machinery. bahwa surveyor meneliti struktur seluruh kapal atau mesin tersebut. The survey Survei
involves a sampling, for which guidelines exist based upon empirical experience which may melibatkan sampling, yang ada pedoman berdasarkan pengalaman empiris yang mungkin
________________________________________
Page 5 Halaman 5
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
5 5
indicate those parts of the vessel or its machinery that may be subject to corrosion, or are menunjukkan bagian-bagian mesin kapal atau perusahaan yang mungkin akan dikenakan korosi, atau
exposed to the highest incidence of stress, or may be likely to exhibit signs of fatigue or terkena insiden tertinggi stres, atau mungkin cenderung menunjukkan tanda-tanda kelelahan atau
damage. kerusakan.
Assignment, maintenance, suspension and withdrawal of class Tugas, pemeliharaan, suspensi dan penarikan kelas
Class is assigned to a ship upon the completion of satisfactory surveys, undertaken in order to Kelas ditugaskan untuk kapal pada saat selesainya survei memuaskan, dilakukan untuk
check compliance with the rules of the society, at the time of newbuilding. memeriksa kepatuhan terhadap peraturan masyarakat, pada saat newbuilding. Specific procedures Prosedur Tertentu
apply when an existing ship is transferring from one class society to another. berlaku bila sebuah kapal yang ada mentransfer dari satu kelas masyarakat lain.
Classed ships are subject to surveys to continue in class. kapal classed akan dikenakan survei untuk melanjutkan di kelas. These surveys include the class Survei ini termasuk kelas
renewal (also called “special survey”), intermediate survey, annual survey, and pembaharuan (juga disebut "survei khusus"), survei menengah, survei tahunan, dan
bottom/docking surveys of the hull. bawah / docking survei dari lambung. They also include tailshaft survey, boiler survey, Mereka juga termasuk survei tailshaft, survei boiler,
machinery surveys and surveys for the maintenance of additional class notations, where mesin survei dan survei untuk pemeliharaan notasi kelas tambahan, di mana
applicable. berlaku.
The surveys are to be carried out in accordance with the relevant class requirements in order Survei harus dilakukan sesuai dengan persyaratan kelas relevan dalam rangka
to confirm that the condition of the hull, machinery, equipment and appliances is in untuk mengkonfirmasi bahwa kondisi lambung, mesin, peralatan dan peralatan dalam
compliance with the applicable rules. sesuai dengan peraturan yang berlaku.
The classification of a ship is based on the understanding that the ship is loaded, operated Klasifikasi kapal didasarkan pada pemahaman bahwa kapal di-load, dioperasikan
and maintained in a proper manner by competent and qualified crew or operating personnel. dan dipelihara secara tepat oleh kru yang kompeten dan berkualitas atau personil operasi. It Itu
is the Owner's responsibility to ensure proper maintenance of the ship until the next survey adalah Pemilik tanggung jawab untuk menjamin pemeliharaan yang tepat dari kapal sampai survei berikutnya
required by the rules. diperlukan oleh aturan. It is the duty of the Owner, or its representative, to inform the surveyor, Ini adalah tugas dari Pemilik, atau perwakilannya, untuk menginformasikan surveyor,
on boarding the ship, of any events or circumstances affecting the class. pada naik kapal, dari setiap peristiwa atau keadaan yang mempengaruhi kelas.
Where the conditions for the maintenance of class are not complied with, class will be Dimana kondisi untuk pemeliharaan kelas tidak terpenuhi, kelas akan
suspended, withdrawn or revised to a different notation, as deemed appropriate by the society ditunda, ditarik atau direvisi ke notasi yang berbeda, yang dianggap pantas oleh masyarakat
when it becomes aware of the condition. bila telah menyadari kondisi tersebut. The ship may lose its class either temporarily or Kapal itu mungkin kehilangan kelasnya baik sementara atau
permanently. permanen. In the former case it is referred to as “suspension” of class; in the latter case as Dalam hal yang pertama ini disebut sebagai "suspensi" kelas; dalam kasus yang terakhir sebagai
“withdrawal” of class. "Penarikan" kelas. In the case of surveys that are not carried out within the specified time Dalam kasus survei yang tidak dilaksanakan dalam waktu tertentu
frame, or if the vessel is operated in a manner that is outside its classification designation, the frame, atau jika kapal tersebut dioperasikan dengan cara yang luar penetapan klasifikasi nya,
suspension may be automatic. mungkin suspensi otomatis.
Classification surveys Klasifikasi survei
A classification survey is a visual examination that normally consists of: Sebuah survei klasifikasi adalah pemeriksaan visual yang biasanya terdiri dari:
• an overall examination of the items for survey, • pemeriksaan secara keseluruhan item untuk survei,
• detailed checks of selected parts, • rinci cek bagian-bagian yang dipilih,
• witnessing tests, measurements and trials where applicable. • menyaksikan tes, pengukuran dan uji mana yang berlaku.
When a surveyor identifies corrosion, structural defects or damage to hull, machinery and/or Ketika seorang surveyor mengidentifikasi korosi, kerusakan struktur atau kerusakan pada lambung, mesin dan / atau
any piece of its equipment which, in the opinion of the surveyor, affects the ship's class, setiap bagian dari perlengkapannya yang, menurut pendapat surveyor, mempengaruhi kapal kelas,
remedial measures and/or appropriate recommendations/conditions of class are implemented tindakan perbaikan dan / atau rekomendasi yang sesuai / kondisi kelas diimplementasikan
before the ship continues in service. sebelum kapal terus dalam pelayanan.
'Recommendation' and 'condition of class' are synonymous terms used by IACS societies for 'Rekomendasi' dan 'suasana kelas' adalah istilah-istilah sinonim yang digunakan oleh masyarakat untuk IACS
requirements that specific measures, repairs, request for surveys etc., are to be carried out by persyaratan bahwa langkah-langkah tertentu, perbaikan, permohonan dll survei, harus dilakukan oleh
the owner within a specified time period in order to retain class. pemilik dalam jangka waktu tertentu dalam rangka untuk mempertahankan kelas.
Each classed vessel is subject to a specified program of periodic surveys after delivery. Setiap kapal classed dikenakan program ditentukan dari survei berkala setelah melahirkan. These Ini
are based on a five year cycle and consist of annual surveys, an intermediate survey and a didasarkan pada siklus lima tahun dan terdiri dari survei tahunan, survei menengah dan
class renewal/special survey (held every 5 years). pembaruan kelas khusus survey / (diadakan setiap 5 tahun). The rigor of each specified survey Kekakuan dari masing-masing ditetapkan survei
increases with the age of the vessel. meningkat dengan usia kapal.
________________________________________
Page 6 Page 6
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
6 6
The class renewal surveys/special surveys include extensive out-of-water examinations to Pembaharuan survei kelas / survei khusus termasuk out-of-air yang luas untuk ujian
verify that the structure, main and essential auxiliary machinery, systems and equipment of memverifikasi bahwa struktur, utama dan mesin bantu penting, sistem dan peralatan
the ship remain in a condition which satisfies the rules. kapal tetap dalam kondisi yang memenuhi aturan. The examination of the hull is Pemeriksaan lambung adalah
supplemented, when specified, by ultrasonic thickness measurements and the witnessing of ditambah, saat ditetapkan, dengan ukuran ketebalan ultrasonik dan menyaksikan dari
tests as specified in the rules and as deemed necessary by the attending surveyor. tes sebagaimana tercantum dalam peraturan dan yang dianggap perlu oleh surveyor hadir. The Itu
survey is intended to assess whether the structural integrity remains effective and to identify Survei ini dimaksudkan untuk menilai apakah integritas struktural tetap efektif dan untuk mengidentifikasi
areas that exhibit substantial corrosion, significant deformation, fractures, damages or other wilayah yang substansial menunjukkan korosi, deformasi yang signifikan, patah tulang, kerusakan atau lainnya
structural deterioration. kerusakan struktural.
Depending upon the age, size, type and condition of the vessel, the renewal/special survey Tergantung pada umur, ukuran, jenis dan kondisi kapal, pembaharuan khusus survei /
may take several weeks to complete. mungkin butuh beberapa minggu untuk menyelesaikan.
The intermediate survey (held approximately half way between special surveys) includes Survei menengah (dilaksanakan sekitar setengah jalan antara survei khusus) meliputi
examinations and checks as specified in the rules to determine whether the ship remains in a ujian dan pemeriksaan sebagaimana ditentukan dalam peraturan untuk menentukan apakah kapal tetap berada dalam
general condition which satisfies the rule requirements. umum kondisi yang memenuhi persyaratan aturan. According to the type and age of the Menurut jenis dan usia
ship, drydocking may be required and the examinations of the hull may be supplemented by kapal, drydocking mungkin diperlukan dan pemeriksaan terhadap lambung dapat dilengkapi dengan
ultrasonic thickness measurements as specified in the rules and where deemed necessary by pengukuran ketebalan ultrasonik sebagaimana tercantum dalam peraturan dan di mana dianggap perlu oleh
the attending surveyor. surveyor hadir.
At the time of annual surveys, the ship is generally examined. Pada saat survei tahunan, kapal umumnya diperiksa. The survey includes an Survei tersebut mencakup
external, general inspection of the hull, equipment and machinery of the ship and some eksternal umum pemeriksaan, dari lambung, peralatan dan mesin kapal dan beberapa
witnessing of tests, so far as is necessary and practical in order to determine whether the ship menyaksikan tes, sejauh diperlukan dan praktis untuk menentukan apakah kapal itu
remains in a general condition which satisfies the Rule requirements. tetap dalam kondisi umum yang memenuhi persyaratan Peraturan. Older ships of certain Kapal tua tertentu
types may also be subject to a general examination of some specified internal areas of the jenis juga dapat dikenakan pemeriksaan umum internal beberapa daerah tertentu dari
hull. lambung. Depending upon the age, size, type and condition of the vessel, an annual survey may Tergantung pada umur, ukuran, jenis dan kondisi kapal, survei tahunan mungkin
take from several hours to a few days to complete. mengambil dari beberapa jam sampai beberapa hari untuk menyelesaikan.
Statutory certification of ships Wajib sertifikasi kapal
Framework Kerangka
The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) is an umbrella convention Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) adalah konvensi payung
concerned with many aspects of the sea and its uses, including the granting of registration of prihatin dengan banyak aspek laut dan penggunaannya, termasuk pemberian pendaftaran
a ship by a State. kapal oleh sebuah Negara. Once a ship is registered, the flag State has certain duties laid out in Setelah kapal terdaftar, bendera Negara mempunyai tugas tertentu yang tercantum dalam
UNCLOS. UNCLOS. In particular, under Article 94, the flag State must “effectively exercise its Secara khusus, berdasarkan Pasal 94, Negara bendera harus "latihan yang efektif
jurisdiction and control in administrative, technical and social matters over ships flying its flag” yurisdiksi dan kontrol dalam administrasi, dan sosial hal-hal teknis atas kapal yang berbendera negara "
and take “such measures for ships flying its flag as are necessary to ensure safety at dan mengambil "langkah-langkah seperti kapal terbang bendera sebagai diperlukan untuk menjamin keselamatan
sea…..” laut ... .. "
International Conventions have been agreed, setting out uniform standards to facilitate Konvensi Internasional telah disepakati, menetapkan standar seragam untuk memfasilitasi
acceptance of a ship registered in one country in the waters and ports of another and in the penerimaan kapal yang terdaftar di satu negara di perairan dan pelabuhan lain dan di
general furtherance of safety at sea and protection of the environment. umum kelanjutan keselamatan di laut dan perlindungan lingkungan. These standards are Standar-standar ini
commonly referred to as 'statutory' requirements. sering disebut sebagai 'wajib' persyaratan. Broadly, they cover three distinct areas: Luas, mereka mencakup tiga bidang berbeda:
1) Aspects of the ship's design and its structural integrity – load line and stability in the intact 1) Aspek kapal desain dan integritas strukturalnya - garis beban dan stabilitas di utuh
and damaged condition, essential propulsion, steering equipment, etc.; dan kondisi rusak, penggerak penting, kemudi peralatan, dll;
2) Accident prevention, including navigational aids and pollution and fire prevention; 2) Kecelakaan pencegahan, termasuk alat bantu navigasi dan polusi dan pencegahan kebakaran;
3) The situation after an accident (fire, flooding) including containment and escape. 3) Situasi setelah kecelakaan (kebakaran, banjir) termasuk penahanan dan melarikan diri.
Some or all of these may also be reproduced in a particular class society's rules. Beberapa atau semua juga mungkin direproduksi masyarakat khususnya di kelas sebuah peraturan.
SOLAS Ch II-1, Reg 3-1 states that, in addition to the requirements of the other (SOLAS) SOLAS Bab II-1, 3-1 Reg menyatakan bahwa, di samping persyaratan yang lain (SOLAS)
regulations, ships shall be designed, constructed and maintained in compliance with the peraturan, kapal harus dirancang, dibangun dan dipelihara sesuai dengan
structural, mechanical and electrical requirements of a classification society which is struktural, mekanikal dan elektrikal kebutuhan masyarakat klasifikasi yang
recognised by the Administration in accordance with the provisions of regulation XI/1 (see diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan XI / 1 (lihat
________________________________________
Page 7 Page 7
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
7 7
below), or with applicable national standards of the Administration which provide an bawah), atau dengan standar nasional yang berlaku dari Administrasi yang memberikan
equivalent level of safety. setara tingkat keselamatan.
Where the classification survey result is taken as evidence of compliance with the Dimana hasil survei klasifikasi diambil sebagai bukti kepatuhan dengan
corresponding statutory requirement, eg load line or safety construction (hull, machinery, kebutuhan-undangan yang terkait, misalnya garis beban atau konstruksi keamanan (lambung, mesin,
boilers, electrical equipment, etc.), this survey is de facto given the status of a statutory survey boiler, peralatan listrik, dll), survei ini adalah de facto diberikan status hukum suatu survei
on behalf of the flag Administration, if the society is acting as its recognised organisation in atas nama bendera Administrasi, jika masyarakat bertindak sebagai organisasi yang diakui dalam
this respect. hal ini.
When a ship is suspended or withdrawn from class, IACS members notify the flag Ketika kapal ditunda atau ditarik dari kelas, anggota IACS memberitahukan bendera
Administration concerned and publish the information eg on its website. Administrasi terkait dan mempublikasikan informasi misalnya di situsnya. As a consequence, Sebagai akibatnya,
the flag administration generally invalidates the statutory certificates concerning construction bendera administrasi umum membatalkan sertifikat hukum tentang konstruksi
and equipment. dan peralatan.
Recognised Organisations Diakui Organisasi
SOLAS and the other International Conventions permit the flag Administration to delegate the SOLAS dan International lainnya Konvensi izin bendera Administrasi untuk mendelegasikan
inspection and survey of ships to a Recognised Organisation (RO). inspeksi dan survei kapal ke Organisasi Diakui (RO). The organisation is Organisasi ini
empowered to require repairs or other corrective action to a ship. diberdayakan untuk meminta perbaikan atau tindakan korektif lainnya untuk kapal. It may also carry out Hal ini juga dapat melaksanakan
inspections and surveys if requested by the appropriate authorities of a port State. inspeksi dan survei jika diminta oleh pihak yang berwenang dari Negara port.
IMO Resolution A 739(18) lays down minimum standards for ROs. IMO Resolusi A 739 (18) menetapkan standar minimum untuk Ros. Fundamentally it requires Pada dasarnya diperlukan
the organisation to demonstrate its technical competence and to be governed by the organisasi untuk menunjukkan kompetensi teknis dan harus diatur oleh
principles of ethical behaviour. prinsip-prinsip perilaku etis. The RO should be subject to the certification of its quality RO harus tunduk pada sertifikasi kualitas
system by an independent body of auditors accepted by the Administration. sistem oleh badan auditor independen diterima oleh administrasi.
Together with IMO Resolution A.789(19), which presents specifications on the survey and Bersama dengan Resolusi IMO A.789 (19), yang menyajikan spesifikasi pada survei dan
certification functions of ROs, these resolutions provide the criteria and framework to which a fungsi sertifikasi Ros, resolusi ini menyediakan kriteria dan kerangka kerja untuk mana
flag must be satisfied that their RO's meet. bendera harus yakin bahwa RO mereka bertemu. IACS Members have been found to meet Anggota IACS telah ditemukan untuk memenuhi
resolutions A.739(18) and A.789(19) by all of the Administrations (approximately 100) that are resolusi A.739 (18) dan A.789 (19) oleh semua Administrasi (sekitar 100) yang
Parties to SOLAS. Pihak pada SOLAS.
The RO is responsible and accountable to the flag Administration for the work that it carries RO bertanggung jawab dan bertanggung jawab kepada Administrasi bendera untuk pekerjaan yang membawa
out on its behalf. atas nama perusahaan. The principles of the inspection and survey work are the same as in respect Prinsip-prinsip inspeksi dan pekerjaan survey adalah sama seperti dalam hal
of classification surveys, that is the verification by the RO that a ship is in compliance with survei klasifikasi, yaitu verifikasi oleh kapal RO yang telah memenuhi
applicable requirements at the time of the survey. persyaratan yang berlaku pada saat survei. The scope of these inspections and surveys Ruang lingkup dari pemeriksaan dan survei
regarding safety and pollution prevention are laid down by the flag Administration in tentang keselamatan dan pencegahan pencemaran yang ditetapkan oleh Administrasi bendera di
compliance with the relevant international conventions to which it is a signatory. sesuai dengan konvensi internasional yang relevan yang merupakan penandatangan.
*********** ***********
________________________________________
Page 8 Page 8
IACS IACS
January 2004 Januari 2004
8 8
Appendix Lampiran
The members of IACS are: Anggota IACS adalah:
Members Anggota
ABS ABS
American Bureau of Shipping Biro Amerika Pengiriman
BV BV
Bureau Veritas Biro Veritas
CCS China Classification Society Masyarakat Cina CCS Klasifikasi
DNV Det Norske Veritas Det Norske Veritas DNV
GL GL
Germanischer Lloyd Germanischer Lloyd
KR KR
Korean Register of Shipping Korea Daftar Pengiriman
LR LR
Lloyd's Register Lloyd's Register
NK NK
Nippon Kaiji Kyokai (ClassNK) Nippon Kaiji Kyokai (ClassNK)
RINA Registro Italiano Navale Rina Navale Registro Italiano
RS RS
Russian Maritime Register of Shipping Rusia Maritim Daftar Pengiriman
Associates Associates
CRS Hrvatski Registar Brodova (Croatian Register of Shipping) CRS Hrvatski Registar Daftar Brodova Kroasia (dari Pengiriman)
IRS IRS
Indian Register of Shipping India Daftar Pengiriman
********** **********
IACS 2004 subject to the terms and conditions shown on the IACS website. IACS 2004 tunduk pada syarat dan kondisi yang ditampilkan pada situs IACS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar